Resep Cara Membuat Jajanan Pasar Sagon Atau Rangin/Rangen Yang Empuk Enak dan Manis

Resep untuk membuat sagon yang mudah / resep sagon dari tepung ketan / resep sagon gurih dan renyah / resep membuat sagon panggang / resep kue sagon tradisional / resep masakan sagon basah / resep kue sagon terigu. Resep Cara Membuat Jajanan Pasar Sagon Atau Rangin/Rangen Yang Empuk Enak dan Manis

Silahkan lihat dahulu sagon yang sudah saya buat beberapa hari yang lalu dan sudah saya jual di berbagai tempat jajanan pasar sekitar solo.

Resep Cara Membuat Jajanan Pasar Sagon Atau Rangin/Rangen Yang Empuk Enak dan Manis

Tampak renyah ya, sagon diatas. Dan itu memang tidak mudah untuk bisa mendapatkan hasil sagon yang renyah dan enak. Karena sudah saya coba beberapa kali dan sudah melihat banyak video di youtube, namun hasil sama sekali kurang memuaskan. Akhirnya saya harus datang langsung ke tempat pembuat sagon yang sudah terkenal di daerah saya.

Sebelumnya akan saya berikan sedikit perbedaan antara sagon dan rangin/rangen yang saya tahu. Pertama, sagon. Sagon langsung terasa manis, tidak membutuhkan tambahan gula ketika menikmatinya. Karena adonan yang dibuat sudah dicampur gula.

Kedua, rangin. Rasanya gurih atau atau bisa dibilang agak asin gitu. Saya sebelumnya memang tidak tahu, kalau di daerah jakarta atau bekasi namanya rangin. Kemudian ada tambahan gula tersendiri. Jika mau manis ya tambah gula dengan mengoleskannya pada gula tersebut.

Itulah perbedaan sagon dan rangin. Maka jika kamu menemukan semua bentuk makanan diatas terutama di solo sudah pasti akan terasa manis. Dan itu kita sebut dengan sagon. Karena belum pernah saya menemukan didaerah solo dan sekitarnya terasa asin atau gurih. Semua yang saya temukan terasa manis, maka tidak heran jika orang solo suka dengan yang manis-manis termasuk sagon ini.

Cara membuat sagon

Untuk membuat sagon diperlukan bahan-bahan yang segar atau fresh, itu akan lebih baik untuk mendapatkan cita rasa yang mantap. Yaitu setelah dilakukan persiapan bahan, sebaiknya segera untuk dibuat, jangan ditunda atau disimpan dahulu dalam kulkas. Karena selisih beberapa jam saja akan dapat merubah cita rasa sagon yang enak lezat dan manis. Ini sudah saya buktikan dengan menyimpan bahan sagon dalam kulkas beberapa hari sebelum dibuat. Untuk lebih detail mari kita simak cara membuat sagon menurut ahlinya berikut ini :

Siapkan bahan dan bumbu terlebih dahulu. Kita buat misal 1 kg beras ketan.

  • Rendam beras ketan selama kurang lebih 30 menit. Buang air dan biarkan terlebih dahulu agar air benar-benar hilang dan beras ketan terlihat empuk. Kalau dalam istilah jawa "Perak"
  • Giling beras ketan tersebut dengan campuran kulit jeruk sebanyak 2 butir yang besar, bilang saja untuk membuat sagon. Biasanya tukang giling akan tahu bagaimana kelembutan beras ketan untuk sagon.
  • Ambil kelapa setengah tua yang besar 2 butir dan giling juga. Usahakan saat menggiling ini tidak basah. Kan biasanya kalau ditukang kelapa sebelum digiling di cuci dahulu, nah kalau bisa kelapa sudah dalam keadaan tidak klomoh air, sehingga akan menjadikan kelapa lebih basah setelah digiling. Ini kurang bagus untuk membuat sagon. Bagusnya digiling dalam kondisi kelapanya kering.
  • Campur dengan merata beserta dengan bumbu yang ada. Biasanya dalam pencampuran ini sudah akan tercium aroma harum sagon yang lezat.
  • Panaskan cetakan sagon, jangan lupa untuk api kecil saja. Jika anda menggunakan arang maka akan lebih stabil lagi. Jika menggunakan kompor, api harus kecil.
  • Setelah panas, taburi cetakan sagon dengan adonan dengan merata dan tipis.
  • Ambil adonan secukupnya untuk satu loyang dan campurkan gula 2 gengam dengan merata.
  • Masukkan adonan dengan campuran gula ini kedalam loyang yang tadi sudah di taburi tipis adonan sagon tadi.
  • Padakan loyang pada bagian tengah sagon dan ratakan bagian atas dalam cetakan. Tutup dengan plastik atau daun, dan kemudian tutup dengan tutup loyang sagon
  • Jika sudah dirasa coklat bagian bawah, maka sagon siap untuk diangkat
Resep Cara Membuat Jajanan Pasar Sagon Atau Rangin/Rangen Yang Empuk Enak

Terima kasih, semoga cara membuat resep sagon ini bermanfaat untuk anda dan jika ada kesulitan silahkan komentar atau hubungi kami untuk bisa membuat sagon dengan mudah dan cepat.

Jangan lupa kunjungi stand kami di sondokoro tasikmadu, pintu utara sondokoro ke barat jalur lambat, Depan Indomaret Nglano.

Menerima pesanan snack kotak untuk daerah tasikmadu dan sekitarnya dalam berbagai acara yang anda lakukan. Hubungi kontak WA kami di 0852.1190.7384

Menyediakan berbagai jajanan pasar lengkap. Menerima pesanan snack kotak untuk berbagai acara seperti rapat, arisan, pengajian, ulang tahun, kondangan, tasyakuran, yasinan, pertemuan dan lain-lain di Tasikmadu